Kawasaki_Envy_808Mansion.

Menginterpretasi Serial Video Musik Naratif Bersambung ENVY*

ENVY* atau Expect Nothing Valid Yesterday merupakan grup hip hop asal Jakarta yang beranggotakan 8 member , Quest, Hazy Dael, Kid Quest, Fat B, Anima, dan Isiah di mikrofon, lalu Mazzi dan Geovanni Bregas di kursi produser. 

Mereka sebelumnya merilis album perdananya NO WONDER WE HAVE NO FRIENDS (2019) dan berhasil memikat banyak audiens. Semenjak rilisnya NWWHNF, ENVY* sudah meluncurkan beberapa single bersama dengan video-video musiknya sebagai pendamping. Lagu KAWASAKI merupakan single pertama dengan MV setelah album NWWHNF.

Dalam narasi video musik KAWASAKI, ENVY* menceritakan bagaimana *terdapat sosok misterius yang menjambret koper rahasia dari member ENVY*. Kita sebut saja, SANG PENCURI. KAWASAKI menjadi pengenalan member-member ENVY* kepada para penonton. 

KAWASAKI pula menjadi pembuka serial video musik naratif yang menyusun anak tangga kepada album baru, bertajuk THE GRAND CHASE, yang diekspektasi rilis tahun ini. 

Video musik MR. MARIPOSA, rilis awal 2023, mengisahkan bagaimana seluruh anggota kolektif ENVY* menyamar sebagai pelayan sebuah hotel mewah untuk menangkap Sang Pencuri yang membawa koper ENVY*. 

Dalam hotel tersebut, Sang Pencuri terlihat sedang mengadakan pertemuan dengan seorang perempuan, yang pula tidak diberitahu perannya, untuk menyerahkan koper tersebut kepadanya. 

Tetapi, pengejaran gagal. Sang Pencuri kabur dan lolos bersama sang perempuan melalui sebuah pintu berkilau.

Misi pengejaran Sang Pencuri berlanjut ke video musik terbaru ENVY*, NO DIRECTION yang rilis pada 21 Agustus 2023. Dalam video musik ini, ENVY* pada akhirnya bertemu dengan Sang Pencuri dan beberapa orang tak dikenal yang ingin merebut koper tersebut di sebuah rooftop gedung kosong. 

Terjadi perkelahian antara ENVY*, pencuri, dan orang-orang tak dikenal itu, menyebabkan mereka terluka parah dan tidak sadarkan diri. 

Di ujung video, lagi-lagi Sang Pencuri berhasil kabur melalui sebuah pintu berkilau yang kini berwujud seperti pintu-pintu film Monsters, Inc. atau kartun Doraemon. 

Seringnya, asiknya menikmati visual sebuah media tanpa disadari membuat kita, sebagai penonton, melangkahi detil cerita serta sisipan-sisipan pesan di dalamnya. Dengerin lagu aja, keseringan kita ogah menyimak liriknya.

Maka dari itu, mari kita coba interpretasi/menduga-duga apa yang mas-mas kolektif hip-hop Jaksel ini coba komunikasikan.

Dalam video, Sang Pencuri serta sekongkolannya MUNGKIN dapat diibaratkan sebagai segala hambatan atau rintangan proses pendewasaan.

Bukan masalah yang mudah untuk menghadapi tantangan di depan kita untuk berhasil menggapai apa yang dikejar, walaupun kita juga tidak tahu pasti apa itu yang sedang dikejar. 

Jika masih merujuk ke dugaan tema krisis kehidupan, maka pintu ajaib bisa diartikan sebagai *arah yang tidak tahu pasti akan kemana dan tiada henti

Dalam postingan terbaru ENVY* di laman Instagram, tertulis harapan mereka agar dapat menerima “this never-ending path”, yang cukup mencerminkan keputusan ENVY* menggunakan sebuah “pintu ke mana saja” sebagai pengibaratan.

Tanggal 25 Agustus kemarin, ENVY* baru saja merilis single bertajuk Can’t Take Me Off. Single ini akan menjadi single terakhir dalam menyambut peluncuran album THE GRAND CHASE. Kejelasan tentang akankah Can’t Take Me Off didampingi video musik untuk melanjutkan plot, masih belum diumumkan.

Apakah Can’t Take Me Off mempertemukan kita kepada akhir misi pengejaran? Hard to tell. Tapi, apakah ENVY* sejauh ini menyelamatkan para penggemar serial drama yang kelaparan akibat berlangsungnya aksi mogok kerja Writers Guild of America? Heck yeah.

2 thoughts on “Menginterpretasi Serial Video Musik Naratif Bersambung ENVY*”

  1. Pingback: ENVY * - CAN'T TAKE ME OFF: BEAT SWITCHES, CODE SWITCHES, AND SURPRISES - 808 Mansion

  2. Pingback: Deretan Kategori Untuk Hip-Hop/R&B Di AMI Awards 2023 - 808 Mansion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *