Sembilan Tahun Setelah Days Before Rodeo, Mixtape yang Mengubah Karir Travis

18 Agustus 2014. Sudah sembilan tahun sejak Travis Scott merilis mixtape berjudul Days Before Rodeo dan dalam sembilan tahun terakhir pula, rapper asal Texas ini menjadi salah satu musisi populer dunia yang memiliki fan following besar dan lagu-lagunya merajai berbagai platform streaming. Tiap albumnya selalu debut di posisi Top 3 dalam Billboard 200 album chart. Bagaimana Travis Scott membangun image dan karir hingga menjadi sebesar sekarang?

Days Before Rodeo merupakan mixtape kedua yang secara resmi dikeluarkan oleh Travis Scott. Beberapa minggu sebelum rilisnya mixtape ini, Travis memberi potongan-potongan informasi di Twitter tentang proyek terbarunya yang akan keluar pada bulan Agustus tahun 2014.

Proyek ini adalah “pendahuluan” Travis Scott sebelum mengeluarkan album Rodeo, yang merupakan album studio atau album ber-label pertamanya. Meskipun begitu, Travis Scott sendiri memberi Days Before Rodeo perlakuan selayaknya album pada umumnya, tidak hanya sebagai mixtape.

Mixtape pertama Travis, Owl Pharaoh (2013), menandakan permulaan karir baginya setelah mendapat sorotan dalam XXL Freshman dan dilirik oleh produser musik. Pada mixtape keduanya, Days Before Rodeo, Travis lebih berani mengeluarkan personality-nya dalam musik yang ia rekam dengan gaya yang memperlihatkan visi sang rapper.

Setiap track mengenalkan pendengar dengan atmosfer yang gelap, trippy, dan ambisius, menunjukkan musikalitas Travis yang luas dari segi produksi. Menggaet beberapa fitur kolaborasi dari Big Sean, Young Thug, dan Migos, Travis memperkenalkan dirinya sebagai rapper yang memiliki potensi besar.

Days Before Rodeo membuka jalan bagi rapper kelahiran 1991 ini menuju perhatian publik secara luas—memperluas pengikut dan menjadi permulaan yang mendongkrak karirnya.

Album pertamanya Rodeo, yang dirilis satu tahun setelah Days Before Rodeo, mendapat tidak hanya respon kritik yang baik tetapi juga kesuksesan komersil. Travis Scott secara tidak langsung mendorong musik trap ke konsumsi publik.

Setiap album Travis Scott mendapatkan pujian dari kalangan penggemar musik dan selalu mengeluarkan lagu-lagu ikonik bagi penikmat musik urban seperti “Antidote” dan “goosebumps”. Hingga pada tahun 2018, tiga album setelah Days Before Rodeo, Travis Scott merajai industri musik selama beberapa waktu dengan single “SICKO MODE” yang menjadi salah satu lagu paling populer pada masanya.Visi dan ambisi yang Travis Scott bangun dalam setiap proyek yang membuatnya sosok yang disanjung dalam industri musik dan proyek terbarunya selalu dinanti-nantikan. Tahun ini, Travis kembali mengeluarkan sebuah album, Utopia, yang menunjukkan Travis masih memiliki kreativitas dan visi menarik dalam musiknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *