JPEGMAFIA 808MANSION

Siapa Itu JPEGMAFIA?

JPEGMAFIA, atau yang akrab kita panggil sebagai Peggy merupakan seorang produser dan rapper yang berasal dari Baltimore. Peggy menghasilkan karya yang eksperimental dari beragam pengalaman yang ia alami, dari pindah-pindah tempat tinggal sampai masuk ke akademi militer karena tak memiliki pilihan lain untuk mencari nafkah.

Nama JPEGMAFIA meledak ketika rilisnya album studio Veteran (2018), didorong pula oleh berseminya gelombang hip hop/R&B alternatif pada jangka akhir 2010-an tersebut. Lihat saja proyek-proyek yang rilis bersamaan, yakni To Pimp A Butterfly (2015) dari Kendrick Lamar, Some Rap Songs dari Earl Sweatshirt, TA13OO – Denzel Curry, dan puluhan rilisan lainnya.

Mengutip dari salah satu interview Peggy, awalnya Ia hanya membuat beat-beat untuk artis lain, tetapi tak ada dari mereka yang tertarik, sehingga pada akhirnya Ia sendiri lah yang menulis lirik rap di atasnya. Peggy menyatakan, 

I’m a producer first, kind of, and then a rapper second but I take both of them seriously.”

Tanpa disangka, dari sanalah ia naik daun, membentuk fans antusias dari internet.

Peggy memiliki jangkauan yang luas dalam berkarya. He raps, sings, screams, and produced unique beats. Dalam musiknya, ia menyinggung banyak referensi pop kultur non-tipikal lewat bar-barnya maupun sample-nya, seperti video game, WWE, sitkom amerika, dengan

pengemasan instrumental yang lebih dekat kepada genre elektronik/glitch yang terdengar seperti komputer nge-hang. Mereka kompleks dan beradrenalin hardcore

ā€œNORMAL MUSICS FOR PEOPLE WHO LISTENS TO A LOT OF SHITSā€, ujar Peggy dalam interview bersama streamer HasanAbi.

Konten yang ia celotehkan pun sama out of pocket, frontal dan unfiltered-nya. Kenyelenehan tersebut pula tercerminkan dalam judul-judulnya, seperti “Drake Era’, “I Just Killed A Cop Now Iā€™m Horny”, “I Cannot Fucking Wait Til Morrisey Dies”, “Jesus Forgive Me, I Am A Thot”, “Jack Harlow Combo Meal”.

Dalam rentang 2015 hingga kini, berikut proyek-proyek yang Peggy telah keluarkan:

  • Communist Slow Jams(2015), Darkskin Manson_ (2015)
  • Black Ben Carson (2016)
  • Veteran (2018)
  • All My Heroes Are Cornballs (2019)
  • EP! (2020)
  • EP2! (2021)
  • LP! (2021)
  • OFFLINE! (2022)
  • SCARING THE HOES (2023)

Selain berkarya sebagai JPEGMAFIA, Ia pula memiliki beberapa moniker sebelumnya, seperti Devon Hendryx. Devon Hendryx menjadi nama panggung pertama Peggy untuk merilis album-album pertamanya, The Rockwood Escape Plan (2012) dan THE GHOST~POP TAPE (2013) yang diiringi dengan sebuah karya film. 

Peggy di salah satu pertunjukan awalnya (2017) terlihat hanya memiliki belasan audiens, layak perayaan ulang tahun anggota keluarga. Singkat waktu 5 tahun kemudian, kini, Peggy kini telah berkali-kali menggelar tur dalam hingga luar negeri.

Dari segi musik pun, Peggy perlahan berkembang menghasilkan hasil mixing yang semakin terkontrol. Sejak awal diskografi sampai sekarang, perkembangan gaya/konsep album-albumnya pula bervariasi, dengan ciri khas agresif dan hyper-ekspresif-nya masih bertahan sebagai benang merah.

Peggy saat ini sedang sibuk melakukan tur SCARING THE HOES bersama Danny Brown, sambil juga mengumumkan bahwa tahun 2023 ini Ia akan merilis tiga buah album, dengan STH yakni menjadi yang pertama dan sisa dua sisanya lagi yang kita harap, setidaknya sudah setengah matang. Peggy sejauh ini belum terlihat ngasih kendor para fans kalau mendasari kutipan caption salah satu unggahan Twitter-nya:

Mengingat kita sudah ada di pertengahan tahun 2023, seharusnya album kedua dan ketiga should be coming reaaally really soon!!.

1 thought on “Siapa Itu JPEGMAFIA?”

  1. Pingback: Thaiboy Digital Sampaikan Kritik Kepada Memer Indonesia - 808 Mansion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *