Nama-Nama Produser Lofi Yang Wajib Kalian Tahu

Buat kalian para pecinta audio jadul pasti tidak asing dengan noise khas kaset pita maupun scratch ala piringan hitam dalam sebuah rekaman. Dulu orang-orang berbondong-bondong untuk memproduksi suara yang jernih dan bersih. Hingga tercipta macam-macam metode serta cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas audio. 

Namun siapa sangka, ternyata pecinta musik khas analog semakin kian banyak. Bahkan tak jarang para produser menggunakan alat rekam seadanya untuk menghasilkan suara khas ala tape jadul. Ya, hasil rekam ini disebut dengan Lofii (dibaca lofai) alias Low-fidelity. Dimana suara audio yang terekam memiliki suara dengan kualitas yang rendah. 

Apa yang dicari dari kualitas suara rendah ini? Ternyata suara noise khas alat rekam analog jaman dahulu memiliki vibes tersendiri. Yang mana kita dapat mendengar suara yang bisa dikatakan secara alami. Hal ini pun menjadi sebuah terobosan baru bagi para producer hip-hop untuk berinovasi. Tatkala era 80an hip hop menjadi media untuk menyuarakan pemberontakan serata politik,  justru para producer ini memilih untuk memberikan nuansa berbeda. Dengan menggunakan tempo yang lebih lambat dan suara khas analog jadul, para producer bereksperimen dan menciptakan sebuah subgenre baru yang saat ini kita bisa sebut dengan Lofi Hip-Hop. 

Mungkin kalian akrab dengan “beat for study” yang tersebar di seluruh platform musik digital. Yup, fenomena musik ini sempat booming di 3 sampai 5 tahun ke belakang. Kilas balik masa pandemi menjadi momok bagi musik satu ini untuk naik daun. Memang, alunan melodi yang kalem dan ketukan drum yang catchy cocok banget buat menemani masa-masa karantina. Bahkan sampai sekarang pun musik Lofi masih bertahan dan berkembang.

Tapi pernahkah kalian bertanya, siapa sebenarnya dalang pembuat musik ini? Dalam tulisan berikut kalian akan mengenal beberapa nama yang wajib kalian tahu. Siapa saja nama-nama producer lofi yang wajib kalian dengerin ketika kalian masuk ke ranah low – fidelity ini. So, let’s check it out.

  1. Nujabes

The Pioneer Jun Seba alias Nujabes, adalah dalang dibalik terciptanya musik hiphop yang mengandung elemen chill di dalam setiap beat buatannya. Idenya yang brilian dalam memasukan melody jazzy dengan beat drum boom bap kedalam tempo irama yang selow menjadi kunci buat musik Lofi untuk didengar oleh khalayak luas. Kesuksesannya Jun Seba juga merambah ke dunia anime. Dimana nujabes bekerja sama dengan Samurai Champloo untuk mengisi soundtrack animasi tv jepang tersebut. Nujabes telah meninggalkan sebuah legacy bagi khalayak banyak dengan lahirnya sub genre yang terus berkembang hingga saat ini.

  1. J Dilla

Album “Donut” menjadi masterpiece peninggalan Jay Dee sebelum kepergiannya pada 10 februari 2006 silam. J Dilla adalah seorang produser musik dan rapper kelahiran Amerika yang mentransformasi hentakan hiphop dengan sentuhan personal yang kalem dan kental. Sound khas chant vokal abstrak, bass – line yang kotor, sample penuh reverb yang mengawang menjadi fondasi ciri khasnya. Pria bernama asli James Dewitt Yancey ini  juga digadang-gadang sebagai The Godfather of Lofi untuk sebagian orang.

  1. Jinsang

Studio Ghibli menjadi inspirasi besar bagi Jinsang untuk menciptakan lofi beats. Kerap kali melakukan “sampling” menggunakan soundtrack animasi menjadi ciri khas produser underrated satu ini. Terutama soundtrack animasi jepang/anime yang menciptakan vibes ala jepang sore hari yang hangat. Yang mana bisa kita dengar dari beberapa beat buatannya. Salah satu beat ciptaannya, Summer Day V2, pernah diisi instrumen vokal oleh artis muda bernama khai dreams dan menjadi satu lagu baru berjudul Fantasy. Kalian harus dengerin.

  1. Blazo

Engga banyak yg tahu karena sosoknya yang tertutup dan misterius. Namun Blazo berhasil meramu melodi jazz kontemporer menjadi beat yang catchy n chill. Debut albumnya “Alone Journey” yang dirilis awal tahun 2009 menjadi awal perjalanan produser muda ini. Album “Color of Jazz” wajib banget di cicipi sembari nemenin sore hari kalian dengan segelas kopi.

  1. Bransen

Kalo kalian suka hal-hal berbau galaksi dan tata surya, beat-beat dari Bransen wajib masuk ke dalam playlist kalian. Mas-mas jaim satu ini mengangkat tema space lofi untuk setiap chill beat buatannya. Sample sound mengawang-awang, Jazzy chord dalam beat buatannya seakan menciptakan atmosfer yang bikin lu lupa lagi napak di tanah. 

GImana residents… Ada yang familiar? adakah salah satu produser favoritmu disini? Atau mungkin kalian punya nama-nama LoFi Producer kalian sendiri? 

Silakan ramaikan kolom komentar dibawah residents!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *