Griselda Records Griselda Blanco

Menelisik Makna: Sebuah Doa Dalam Nama “Griselda”

Intro

Sebuah nama adalah sebuah doa. Ungkapan yang sering kita dengar turun temurun dari zaman orang tua kita hingga sekarang. Harapan yang diwakilkan pada seutas kata menjadi sebuah simbolis eksistensi kehidupan dunia. Identitas yang akan menjadi sebuah perwakilan hal-hal yang menjadi besar dengan melahirkan karya-karya besar. 

Tentunya, setiap dari kita memiliki harapan ketika memberikan nama maupun julukan pada sesuatu yang berarti bagi kita bukan? Hal itu juga berlaku bagi rap crew sekaligus record label kenamaan Griselda Records.

Tentang Griselda 

Griselda records adalah sebuah rap crew dan juga label rekaman kolektif yang lahir di Buffalo, New York. Grup yang diinisiasi oleh Westside Gunn ini lahir pada tahun 2012. Tak hanya menjadi one-man existence, Griselda Records juga memiliki 2 punggawa unggul lainnya. Mereka adalah Conway The Machine dan Benny The Butcher. Mereka bertiga menjadi nama favorit dalam satu grup ini. Seakan menjadi sebuah doa, Griselda Records menjadi nama besar yang membawa mereka pada popularitas dan kesuksesan karir, juga dikenal sampai saat ini. 

Griselda Records

Melansir dari NPR, pada 2017 Griselda pernah menandatangani kontrak dengan Eminem, Shady Records. Lalu pada Agustus 2019 mereka juga menandatangani kesepakatan manajemen dengan Jay-Z’s Roc Nation. Mereka secara terbuka didukung oleh Raekwon dari Wu-Tang Clan, Busta Rhymes dan Nas. Mereka juga pernah bekerja dengan artis yang dikenal selektif dan berselera tinggi, seperti Pusha T dan Pete Rock.

Tak hanya sukses menjadi sebuah rap crew. Seakan doa tersebut terus mengalir, nama besar Griselda Records juga melambungkan nama dari masing-masing personil. Gunn dkk telah muncul ke permukaan dengan membawa karakter mereka masing-masing. Tidak berhenti sampai disitu. Griselda Records juga telah melahirkan nama-nama berpengaruh dalam industri hip-hop. Sebutlah Mach-Hommy, Boldy James, Armani Caesar, Rome Streetz, YN Billy dan in-house producer Daringer. Nama Griselda Records telah menjadi sebuah rumah bagi para anggotanya untuk berkarya dan hidup. 

Namun siapa menyangka, bahwa nama Griselda Records terinspirasi dari seorang bos kartel wanita legendaris. Dia adalah Griselda Blanco. Mengutip dari tulisan Shawn Setaro di situs Complex, Westside Gunn mengaku bahwa ia terinspirasi oleh wanita yang dijuluki The Black Widow tersebut.

Griselda Blanco, The Godmother of Cocaine. Adalah seorang bos kartel wanita pertama yang lahir yang lahir pada 15 Februari 1943 di Santa Marta, Colombia. Kehidupan keras yang ia alami sejak masih anak-anak memupuk jiwa survival yang bakoh. Hal ini menjadi bibit yang tumbuh dalam dirinya. Beranjak dan tumbuh melakukan segala cara untuk dapat bertahan hidup. Kehidupan jalanan yang ia jalani saat masih muda menjadi faktor utama pembentuk pola pikir dan kepribadiannya.

Griselda Blanco

Kejahatan yang Blanco lakukan tentu bukan hal yang sepele sampai menjadi daftar buronan DEA (Drug Enforcement Administration). Penggelapan besar dengan cara-cara yang unik menjadi keunggulan ibu 4 orang anak itu. Ia juga menjadi inspirasi sekaligus rekan kerja bos kartel legenda, Pablo Escobar. Blanco memiliki seribu satu cara dalam menjalankan bisnisnya. Hingga pada akhir hayatnya pada 3 september 2012, nama Blanco telah menjadi legenda dalam dunia kejahatan.

Korelasi

Menilik dari sejarah dan kisah hidup, nama Griselda telah menemukan korelasi yang membuat nama seseorang dan rap crew ini terhubung. Tentu bukan ranah karir yang sama. Namun apabila kita mau melirik sedikit ke belakang, Gunn dkk dan Blanco memiliki beberapa hal yang berkaitan. Hal ini seakan menjadi sebuah tali penghubung yang diamini dengan nama Griselda. Berikut adalah korelasi dalam peng-amin-an dari sebuah nama Griselda yang telah dirangkum secara sederhana.

  • From Nothing To Something

Pada usia yang masih sangat belia, Griselda telah mengalami masa-masa sulit dan tumbuh tidak selayaknya gadis muda pada umumnya. Ia telah berurusan dengan prostitusi dan pencurian. Lalu tumbuh dengan cocaine sebagai pondasi utama keuangannya. Kecerdikan yang dimiliki Griselda Blanco tak hanya berhenti sebatas pengedar kelas teri. Ia menggunakan otaknya untuk membuat ide brilian dalam penyelundupan dan membangun jaringan besar. Distribusi yang meluas sampai keluar negeri membuat Blanco menjadi terkenal dan memiliki nama yang patut di perhitungkan. Tak hanya dari sesama kartel namun juga bagi penegak hukum negara.

Para anggota Griselda Records mungkin tidak berkecimpung dalam karir di dunia kejahatan. Namun dalam dunia hip-hop, nama mereka bukanlah sebuah angin lalu. Menyorot sang pendiri utama, Westside Gunn, juga memiliki masa lalu jalanan yang membentuk persona dan mental. Menyadur tulisan dari Shawn Setaro di Complex, Gunn pernah dikirim ke penjara federal pada tahun 2006 atas kaburnya dari tuduhan senjata yang ia akui. Di dalam penjara, Gunn bertemu dengan gembong narkoba Buffalo yang terkenal bernama Sly Green. Saking terkenalnya ia bahkan muncul bersama Green di majalah Don Diva pada tahun 2007. Setelah keluar, Gunn memilih untuk berkonsentrasi mengelola karir di hip-hop. Kultur underground menjadi jalan pertama yang dipilih untuk memperkenalkan nama Griselda records. Hingga akhirnya saat ini mereka menjadi nama yang diperhitungkan dalam hip-hop.

Di awal karir mereka, Griselda Blanco dan Griselda Records bukan lah apa-apa. Mereka bukanlah siapa-siapa. Namun seiring berjalannya waktu, mereka tumbuh dan menjadi sosok yang diperhitungkan. Hal ini berlanjut dengan kesamaan mereka pada poin berikutnya.

  • Inovasi dan Eksistensi

Menjadi seorang pebisnis tak bisa hanya mengandalkan sebuah sistem dan cara yang usang. Berinovasi adalah sebuah hal mutlak. Kalau tak ada inovasi, bisnis bisa jatuh dan terbanting oleh kejamnya persaingan. Hal ini tentu di sadari oleh Griselda Blanco dan Griselda Records dalam kehidupan karir mereka. 

Blanco memiliki ide cemerlang dalam menjalankan bisnis cocaine yang menghidupi dirinya dan keluarganya. Tercatat dalam artikel di Britannica yang ditulis oleh Amy Tikkanen, Blanco pernah membuat pakaian dalam dengan kompartemen rahasia untuk menyelundupkan narkoba. Pemikiran cerdasnya membuat ia dan suaminya saat itu, Alberto Bravo, menjadi pasangan yang menciptakan operasi penyelundupan cocaine yang luas dan sangat menguntungkan.

Griselda Blanco

Tak berhenti sampai disitu. Walaupun ia adalah seorang wanita, Ia tak segan untuk menghadapi para pesaing yang sama – sama berkecimpung dalam dunia kartel. Dilansir melalui Inside Edition, periode kekerasan yang juga dikenal sebagai Perang Koboi Kokain di Miami pada akhir periode 1970-an adalah satu dari sekian banyak bentuk dari eksistensi Blanco. 

Griselda Blanco juga diduga memerintahkan kepada para anak buahnya untuk melakukan banyak pembunuhan. Blanco merancang pembunuhan bersenjata dengan mengendarai sepeda motor pada siang bolong secara terang-terangan. Teror yang ia ciptakan membuat para pesaing tentu akan berpikir 2 kali jika mereka mau berurusan dengannya. Dan ini menjadikan Blanco memiliki area kekuatan absolut sebagai bos kartel narkoba.


Gunn dan para member Griselda Records  juga tak bisa diremehkan dalam hal inovasi. Melansir dari Complex, Griselda pada awalnya adalah sebuah nama yang diperuntukan untuk bisnis clothing line. Menjual pakaian ala distro di awal tahun 2000-an dengan nama Griselda by Fashion Rebel atau kita bisa menemukan nama GriseldaxFR di internet. Dimana pada tahun tersebut distribution store telah mulai menjamur seakan menjadi trend baru bagi anak muda. Fashion dan music memiliki sebuah korelasi. Gunn melihat peluang ini dengan mulai mengedarkan mixtape dan beberapa rilisan fisik di tokonya. Hal ini menjadi titik dimana pergerakan Griselda Records mulai mengalami pergeseran. Hingga saat ini, Griselda telah menjadi sebuah label rekaman yang menaungi banyak artis dan produser. 

Pergerakan Griselda Records menjadi agenda serangan publik dalam meraih nama popularitas. Mengutip tulisan Wyatt Westlake di Hot New Hip-Hop, Griselda tercatat melakukan pergerakan pengembangan bisnis dan karir mereka. Perlu diketahui bahwa trio iconic Griselda adalah saudara satu darah. Dimana hubungan keluarga mereka menjadi pondasi atas berdirinya nama Griselda Records. 

Griselda Records

Rilisan berkualitas yang berbanding lurus dengan kuantitas bak sebuah peluru yang melesat menggempur pasar musik. Jarang dari artis Griselda yang tidak merilis. Setidaknya setiap tahunnya. Setiap anggota bahkan cenderung merilis beberapa album dalam setahun. Mereka benar-benar kolektif yang sangat produktif. Hal ini membuat Griselda Records tidak pernah kekurangan materi dalam hal rilisan musik.

Selain musik, Griselda Records juga membangun bisnis dengan merchandise-nya. Mereka merilis hoodie dan t-shirt dalam jumlah terbatas dengan desain unik. Tingginya permintaan terhadap barang dagangan mereka juga menyebabkan permintaan yang lebih tinggi terhadap CD dan vinyl. Griselda Records pada akhirnya juga membangun brand mereka dengan pendekatan unik dalam rilisan musik dan merchandise.

Pendekatan antara Griselda Blanco dan Griselda Records dalam hal survive and struggle menjadi satu pembuktian dalam konsistensi dan eksistensi. Tak lupa inovasi strategi mereka dalam berbisnis dan bertahan hidup. Seiring hidup mereka, akhirnya nama Griselda menjadi sebuah peng-amin-an bagi Blanco maupun Gunn dkk. 

  • Hasil Usaha dan Kerja Keras

2 poin pembahasan saja tampaknya tak akan cukup untuk melihat bagaimana korelasi sebuah nama bekerja pada nasib. Walaupun untuk sebuah trivia tulisan ini sudah lebih dari cukup untuk menyita waktu kalian. Tapi tenang, satu poin berikut akan menjadi poin terakhir yang menunjukan korelasi dalam peng-amin-an sebuah nama Griselda. Tak lengkap rasanya jika kita tak melihat buah dari penjabaran perjuangan mereka. Bagaimana awal kehidupan mereka hingga seluk beluk kegiatan. Sebuah proses tentu akan ada hasilnya walau kecil bukan?

Walaupun Griselda Blanco akhirnya meninggal dengan cara yang sama ketika ia menghabisi para musuhnya, ia tetaplah menjadi wanita pertama yang menjadi bos kartel narkoba yang disegani. Ia telah meninggalkan banyak jejak bersejarah dalam catatan kriminal dunia. Dimana kita bisa melihat sudut pandang dengan mental pemberani tak takut mati. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya Pablo Escobar yang meneruskan jejak misi penyelundupan cocaine

Griselda Blanco

Sebelum Pablo Escobar menjadi terkenal berkat bisnis narkobanya, ia pertama kali bekerja sama dengan Blanco. Pablo sendiri akhirnya meneruskan jejak ide brilian Blanco dalam menjalankan bisnis. Hal itu mengantarkan Pablo menjadi sosok penerus kerajaan bisnis kartel Griselda Blanco. Jejak peninggalan Blanco telah menjadi sebuah legenda yang bersejarah dalam dunia kriminal.


Terinspirasi akan sosok pemberani tersebut, Gunn dkk juga mengamini nama Griselda sebagai simbol kekuatan dan keberanian para anggota dalam berkarya. Westside Gunn dan kawan-kawan anggota membawa semangat dan inovasi untuk dapat bertahan hidup. Hingga sekarang, Griselda Records menjadi salah satu icon dalam Hip-hop yang berpengaruh.

Tak hanya nama besar Griselda Records. Para anggotanya pun mampu untuk menebar popularitas hingga menginspirasi banyak orang. Melalui jalur musik Hip-hop, para anggota Griselda Records mampu untuk menunjukan bahwa perjuangan mereka dan semangat mereka sangatlah besar. Keberanian dari nama Griselda menjadi semangat berkarya hingga dapat mencapai kesuksesan seperti yang bisa kita lihat saat ini. 

Griselda Records

Meski sekarang tidak semua anggota masih tergabung dalam label yang sama, Griselda Records tetap bergerak sebagai satu kesatuan. Terwujud dari Westside Gunn dan Conway The Machine yang bekerja sama dan berkolaborasi dalam album terbaru Conway yang berjudul Brucifix. Griselda Records telah menjadi salah satu kolektif hip-hop yang paling bekerja keras. Griselda Records masih kuat sebagai sebuah grup maupun label rekaman yang merekrut artis-artis mapan dan memunculkan bakat-bakat baru.

Epilog

Dalam hidup tentu kita tak bisa memungkiri bahwa akan ada masanya jatuh. Namun hal itu juga tak akan terjadi selamanya. Pada akhirnya perjuangan itu sendiri yang akan menjadi sebuah proses. Nama Griselda menjadi bukti atas peng-amin-an sebuah nama. Terdapat doa dan harapan yang diperjuangkan. Blanco telah menggoreskan kisah dalam catatan hitam. Sedangkan Gunn dkk telah menorehkan kesuksesan mereka dalam karir di industri hip-hop. Mereka sama-sama mengamini cita-cita mereka dalam hidup. Sebuah doa yang diperjuangkan dalam nama Griselda yang sama.

Sebuah nama menjadi simbol bagi mereka yang percaya akan cita-cita. Tak hanya sekedar memberikan sebuah nama yang keren dan sangar saat didengar orang. Ini adalah tentang bagaimana sebuah nama mampu menjadi hidup yang utuh dan memberikan arti. Dengan doa, harapan, dan cita-cita yang menjadi bahan bakar semangat utamanya.

Tentu kita tak bisa menelan mentah-mentah kisah tentang mereka. Segelintir korelasi mereka atas penggunaan nama yang sama menjadi sesuatu hal yang menarik untuk dibahas. Melihat bagaimana mereka sama-sama berjuang meraih cita-cita. Mungkin sebuah kesamaan dalam nama tidak selalu memiliki akhir cerita serupa. Namun satu hal yang pasti, perjuangan akan menemukan titik terang bagi setiap pelakunya. 

Mungkin sebuah kesamaan dalam nama tidak selalu memiliki akhir cerita serupa. Namun satu hal yang pasti, perjuangan akan menemukan titik terang bagi setiap pelakunya.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *