ENVY * - CAN'T TAKE ME OFF: BEAT SWITCHES, CODE SWITCHES, AND SURPRISES

ENVY * – CAN’T TAKE ME OFF: BEAT SWITCHES, CODE SWITCHES, AND SURPRISES

Grup hip hop lokal asal Jakarta Selatan yang terdiri dari 6 Rapper dan 2 produser itu baru saja merilis single terbaru bertajuk CAN’T TAKE ME OFF pada 25 Agustus lalu. Sebelumnya ENVY* merilis video musik dari singlenya NO DIRECTION dan kita menginterpretasikan serangkaian video musik bersambung dari ENVY* (baca lengkapnya di 808mansion.com).

Interlude dibuka oleh seorang karakter yang sedang flexing uang, drip dengan latar suasana seperti sedang berada di suatu bar live music bersama teman-teman terdekat, suara tertawa dan obrolan kurang jelas sekelompok orang di latar belakangnya dan benturan gelas ketika bersulang. Dari awal interlude aja udah bikin gue penasaran sama ini beat mau masuknya gimana.

Sebelum masuk ke chorus pertama dibantai dulu sama beat switch ala-ala dj scratch drop lalu masuk ke beat 808 yang berat khas ENVY*, bikin deg-degan jika dengerinnya pakai speaker proper volume gaspol. Memasuki chorus-nya Hazy Dael dengan beat drum dan permainan hi-hat ngebuat gue langsung ngangguk-ngangguk kepala sambil menyimak. Dari awal beat udah dikasih tipis-tipis efek scratching ala-ala lagu boom bap 90-an diakhir chorus buat masuk ke verse.

Verse pertama dibuat seru sama Quest dan Anima yang saut-sautan bar bagaikan sedang tag team WWE. Beat switch lagi ke verse-nya Isiah dengan irama permainan ride drum dan piano jazz, vibesnya déjà vu sama seperti part-nya Isiah juga di lagu MR. MARIPOSA yang dibaluti irama musik jazz. Selain itu yang mencolok di verse ini adalah permainan code switching dari Isiah yang biasanya bar dia di ENVY* fully english tapi kali ini agak berbeda “ada indonya cuy!”. Bukan hanya Isiah aja yang berbahasa Indonesia, tapi hampir semua membernya di lagu ini ikut meramaikan dengan bahasa Indonesia!

Penampilan KidQuest yang menggebu-gebu dengan code switching dan nada vokal tinggi dibandingkan dengan member ENVY* lain menjadikan ciri khas tersendiri yang dapat melengkapi kekurangan ENVY* di lagu-lagu sebelumnya (ketika KidQuest belum termasuk menjadi bagian dari ENVY*).

Di akhir part lagu digebrak dengan beat switch yang boom bap banget bikin beda sama beat-beat ENVY* sebelumnya, kali ini lebih memberikan kesan old-school dengan celotehan KidQuest ketika menyambut verse akhir dari Fat B dan tabuhan beat  90-an. Verse terakhir dari Fat B & KidQuest juga melakukan code switching dari bahasa Inggris ke Indonesia.

CAN’T TAKE ME OFF menjadi salah satu single ENVY* dengan beat switch dan code switch-nya yang ugal-ugalan melebur dalam satu lagu dan meningkatkan element of surprise. Mungkin single ini menjadi lanjutan dari GET MONEY yang rilis di album debutnya (NO WONDER WE HAVE NO FRIENDS) berkoar-koar tentang “get that bag”, sementara CAN’T TAKE ME OFF mengenai “gerak tanpa liat saldo

CAN’T TAKE ME OFF merupakan single terakhir dalam penyambutan album THE GRAND CHASE yang diekspektasi akan rilis tahun ini. Mungkin ada gambaran sedikit mengenai album yang akan datang ini akan banyak code switching bahasa Indonesia dibandingkan dengan album debutnya, jika dilihat dari rilisan-rilisan terbaru ENVY*.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *