Basboi rilis lagu baru berjudul New Cartier

Paradoks Uang Dan Waktu Basboi Dalam “New Cartier”

Setelah merilis beberapa lagu kolaborasi dan soundtrack di tahun 2023 ini, rapper asal Medan ini kembali hadir dengan sebuah single baru berjudul New Cartier. Lagu Basboi tersebut telah rilis pada Jumat, 25 Agustus 2023 kemarin. Basboi mengungkapkan bahwa lagu ini akan menjadi titik awal dari perjalanan menuju album keduanya.

Di lagu ini, Basboi kembali membawa Mildwaves sebagai produser musik. Sebelumnya, Mildwaves telah memproduseri dua lagu Basboi, Bismillah dan Happy Birthday. Kedua lagu tersebut bersarang pada album debutnya yang berjudul Adulting For Dummies. New Cartier diaransemen dengan piano ballad dan orkestra, di sini Basboi bermain dalam gaya pop rap yang unik dan segar secara musikal dan tematik.

Penggarapan visual bergerak lagu ini dipercayakan kepada studio HURA. Dimana Basboi menggandeng sutradara Prama Surya untuk menerjemahkan muatan lirik New Cartier ke dalam video musik. Pada video musik lagu ini, Basboi tampil dengan palet warna hitam-putih. Simbolis tersebut seolah melukis sisi gelap dari hidup pelaku entertainment yang umumnya dianggap penuh warna, serta ekspresi wajah sendu sepanjang video klip.

New Cartier bercerita tentang rapalan dan nyanyian kontemplasi Basboi akan absurditas “stardom”. Simbol duniawi seperti “golden chains” dan “diamond rings” hingga kemerdekaan finansial datang sepaket dengan krisis identitas, tubuh babak belur, dan ketakutan. Meskipun demikian, Basboi tak punya banyak pilihan. Ia juga memuat daftar cita-citanya di verse penutup. Ambisi-ambisi besar ini tak banyak menyisakan waktu untuk bersantai. Ia memilih untuk mengorbankan waktu demi pencapaian material yang pada lagu ini dilukiskan secara simbolik lewat jam Cartier di pergelangannya.

1 thought on “Paradoks Uang Dan Waktu Basboi Dalam “New Cartier””

  1. Pingback: "New Cartier" dari Basboi dan Cog Theory - 808 Mansion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *