A. Nayaka 2023 Marila Berdansa

Marila Berdansa: Single Terbaru A. Nayaka Bawa Sample Lagu Melayu 70an

Ariel Nayaka atau lebih dikenal dengan nama panggung A. Nayaka merilis single terbarunya dengan judul Marila Berdansa pada bulan Juli lalu. Rapper kelahiran Jakarta ini kembali mengeluarkan karya setelah project terakhirnya yaitu mini album bertajuk Cold Cuts pada April 2022 lalu. Lagu ini pertama diunggah melalui platform Spotify bersamaan dengan video lirik di kanal Youtube A. Nayaka pada 14 Juli 2023. Sepuluh hari kemudian video musik resmi naik di kanal Youtube yang sama.

Pada single ini, rapper muda bertalenta yang sudah beberapa kali dinominasikan pada ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) menggaet produser musik SonaOne dalam mengkorporasikan unsur musik R&B, Disko, Hip Hop, dan Melayu dan menciptakan lagu dengan perpaduan yang fun, energetik, dan penuh dengan personality.

Lagu yang memadukan lirik berbahasa Indonesia dan Inggris ini dimulai dengan sampel lagu Kau Di Sayang yang dipopulerkan oleh Junainah, penyanyi pop/disko Melayu. Junainah M. Amin adalah penyanyi asal Malaysia yang pada tahun 1970an, sempat menghiasi ranah musik populer di Malaysia dan Singapura dengan suara merdunya.

“Percayalah, duhai KasihKu
Marilah Sayang
Marilah Sayang
Marilah Sayang
Marilah Sayang
Marilah Sayang
Marilah Sayang
Marilah Sayang”

Melodi yang dilantunkan Junainah di pitch up, mengantarkan pendengar merasakan nuansa yang romantis sekaligus penuh energi dengan instrumentasi yang groovy dalam lagu ini.

Dilanjut dengan hook yang ditampilkan oleh A. Nayaka, dengan lirik yang mengajak pendengar untuk ikut berdansa dengannya. Kita diperdengarkan dengan kemampuan rapper kelahiran 1994 tersebut dalam melakukan vocal delivery dengan flow melodi yang apik, bahkan terdengar pula serpihan cengkok melayu yang merdu dalam vokalnya.

“Marilah Berdansa
Bersamanya di lantai desa
Ku akui ku tak ‘kan lama
Bersamanya

Dan aku selalu melarikan diri
Oh, kesempatan yang aku tangkis
Macam aku Taufik Hidayat
Juara Negara
Walau ku in my feels”

Lirik lagu disenandungkan dengan nikmat, memberi tahu pendengar untuk tidak melarikan diri dari kesempatan yang dimiliki. Mungkin tidak hanya tentang berdansa dengan seseorang yang kita puja, tetapi juga hal lain dalam hidup. Bila kesempatan datang, baiklah kita memanfaatkan momen dengan sebaik-baiknya.

“One, shawty one in a million
Shawty come, and let me feel ya
Ooh
Let me feel ya”

Lantas post-hook dilantunkan dengan melodi yang kembali mengingatkan pada lagu pop melayu yang modern, ditujukan kepada seseorang, menjadi jembatan lagu sebelum memasuki rap section.

“Let me put the body on a pedestal
I could put my arms around you baby like a Tentacle
Got so many eyes starin’ at you baby there they go

Shawty she so cold, baby Frozen told her let it go
I’m ’bout to bet it all, and i’m ’bout set it off”

Lirik lagu yang seductive dan nakal disampaikan melalui penampilan rap Nayaka yang clean dan berenergi, tentunya lengkap dengan didampingi beat garapan SonaOne yang selaras. Keduanya menciptakan momen yang membangkitkan semangat seolah sedang berada di lantai desa dalam sebuah klub, seperti judulnya. A. Nayaka menunjukkan keterampilannya dalam melakukan delivery yang penuh dengan personality.

“Betapa senangnya di hati
Kau berada di depanku”

Sampel Junainah kembali muncul seperti pertanda bahwa lagu akan memasuki sesi final setelah A. Nayaka menyampaikan keinginan berdansa dengan sosok pujaannya. Kemudian hook kembali dilantunkan, lengkap dengan instrumentasi yang mengajak tubuh kita untuk bergoyang, sekali lagi membawa pendengar untuk ikut berdansa dengan A. Nayaka sebelum lagu berakhir.

Single dengan pesan yang simple, dibungkus dengan bersih dan terampil dalam durasi dua setengah menit, menjadi salah satu highlight release dari musik hip-hop Indonesia tahun ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *